Monday, August 11, 2014

Pengertian HTML

HTML adalah kumpulan tag untuk membentuk kerangka website dan juga isinya. Sama halnya seperti manusia mempunyai kepala, leher, bagian perut dan seterusnya. Begitu pun HTML mempunyai bagian-bagian, setidaknya tiga bagian. Pertama bagian deklarasi tipe (versi) HTML, kedua deklarasi head (Indonesia: kepala) dan deklarasi body (inti dari web itu sendiri).

Secara ringkas dapat dilihat seperti berikut:
<!doctype html>
 <html>
  <head>....</head>
   <body>
   .....
   </body>
</html>

Baris pertama yaitu deklarasi versi html yang digunakan, dalam hal ini versi terbaru (versi 5). Selanjutnya tag pembuka html (<html>). Bagian head untuk deklarasi atribut-atribut pendukung kerangka web, seperti tag <title> (judul web), import css atau jquery plugin, tag metha dan lainnya. Tag body yaitu tempat meletakkan isi web. Perhatikan, tag html terdiri dari tag pembuka dan penutup. Tag pembuka ditandai < dan untuk penutup ditandai </.

File-file html disimpan dengan ekstensi .html. Untuk menampilkan hasil dari kode yang dituliskan yaitu dengan menggunakan browser misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan sejenisnya. Caranya dengan mengeksekusi file html tersebut (dengan klik 2 kali).

Untuk editor, wadah penulisan kode html bisa dengan apa saja, contoh sedernah yaitu Notepad. Namun disarankan menggunakan editor yang telah dibuat khusus, seperti Notepad++, Geany (Linux), Adobe Dreamweaver dan sejenisnya karena membantu menghindari salah eja, lupa menutup tag, dan editor ini memberikan warna berbeda dari tag-tag, sehingga lebih mudah dalam menelusuri dari baris-baris kode html yang ditulis.

Web yang hanya dibuat dengan HTML hanya web statis
Web yang hanya dibuat dengan kode html merupakan website yang bersifat statis, belum terhubung ke database yang berada di server. Untuk web dinamis kita membutuhkan php dan database servernya. Meskipun demikian, kita tidak juga bisa meninggalkan html dan hanya menggunakan php. Karena html merupakan lahan atau wadah untuk pondasi pembangunan web dinamis.

Penulisan tag
Kode html tidak membedakan huruf kapital dan huruf kecil dalam penulisannya, artinya kita bebas menuslis <HTML> atau <html> atau <Html>. Browser menganggap semuanya sama. Walaupun demikian, kita dianjurkan menuliskan kode secara wajar (yaitu dengan huruf kecil), namun tidak juga harus. Hanya untuk kenyamanan dan kerapihan pekerjaan kita saja, tentu lebih rapi lebih bagus.

^Baca juga: Atribut HTML yang sering digunakan.

No comments:

Post a Comment