Friday, August 15, 2014

Penulisan Komentar Pada HTML

Dalam penulisan kode HTML, atau bagi yang baru belajar HTML perlu catatan-catatan sebagai pengingat jika suatu lupa apa maksud (arti) dari kode yang telah dipelajari, yang secara umum disebut komentar pada HTML. Teks yang dituliskan dalam blok komentar tidak akan diproses (dieksekusi) browser, meskipun komentar itu merupakan bahasa HTML. Blok komentar HTML dimulai dengan tanda <!-- dan diakhiri dengan -->.  Contonya seperti berikut:

<!doctype html>
    <html>
        <head>
            <title>Komentar pada HTML</title>
        </head>
    <body>
     <h1>Ini heading h1</h1> <!-- Tag <h1> digunakan untuk membuat heading h1. -->
    </body>

 </html>

Sebagai penjelas struktur web
Selain sebagai catatan, komentar juga digunakan untuk penjelasan blok-blok program (struktur) web yang dibuat. Ini sangat membantu jika baris kode sudah mencapai ribuan atau dengan kata lain rancangan web sudah dalam tingkat kompleks (rumit), programmer dengan mudah mengingat kembali struktur rancangan web dengan komentar ini. Cara penulisannya misalnya seperti berikut:
.....
    <body>
    <!-- bagian header web-->
    <div id="header"></div>
    <!-- bagian kiri web-->
    <div id="kiri"></div>
    <!-- bagian kanan web-->
    <div id="kanan"></div>
    <!-- bagian footer web-->
    <div id="footer"></div>

    </body>
....

Sebagai tanda hak cipta
Komentar juga digunakan untuk mengklaim hak cipta atas karya yang dibuat. Misalnya jika Anda membuat contoh web atau proyek web, Anda ingin membuat semacam kredit dengan mencantumkan data diri di awal kode program. Berikut contohnya:

<!--Dibuat oleh: Erwin Sholeh Siregar
    Tgl: 15 Agustus 2014
    Email: tipsdanpengetahuan@gmail.com
    Website: tipspengetahuan.com
    Facebook: erwinsaleh.siregar
-->
<!doctype html>
    <html>

....
...

Khusus Internet Explorer (IE)
Khusus browser IE,  ada komentar khusus untuk membuat kondisi dukungan browser terhadap skrip (kode) website yang mungkin saja IE yang digunakan pengunjung web versi lama. Karena bahasa pemrograman terus berkembang, sementara IE jarang diupdate oleh user (browser pengunjung), maka dikhawatirkan tidak mendukung, sehingga tampilan web terlihat amburadul (hancur), padahal bukan karena kesalahan skrip, tetapi karena browser pengunjung ketinggalan jaman (usang). Contoh penulisannya seperti berikut, jika IE yang digunakan versinya lebih rendah dari veri 9, maka load skrip yang dimaksud, jika tidak tidak akan diproses.

<html>
 ...
<body>
<!--[if lt IE 9]>
<script type="text/javascript" src="http://static.tipspengetahuan.com/js/css3-mediaqueries_m.js"></script>
<![endif]-->

 ...
<body>
</html>

Anda mungkin bisa menggunakan komentar untuk tujuan lain, contoh di atas hanya sebagai gambaran saja. Kesimpulannya, komentar hanya sebagai penjelas kode program.

^Baca juga: Belajar membuat url (link) dengan tag <a>.

No comments:

Post a Comment