Tuesday, August 12, 2014

Tag Heading HTML

Tag Heading adalah tag yang digunakan untuk mengurutkan judul-judul tulisan di halaman web. Tag heading membantu pengunjung mana tulisan yang dibaca dahulu, kemudian seterusnya dan seterusnya. Sehingga fokus pembaca laman web terfokus dan berurutan. Dengan kata lain tag head diibaratkan sebagai pemandu dalam membaca tulisan yang ada di web.

Tag head berjumlah enam dimulai dari h1 sampai h6, dituliskan di antara tag <body> dan sebelum tag </body>. Format penulisannya: <h1>....</h1>, <h2>.....</h2>, dan seterusnya. Perbedaan dari h1 sampai h6 dilihat dari ukuran hurufnya, h1 yang terbesar kemudian sampai terkecil pada h6. Disarankan untuk menulisnya secara berurutan dalam tulisan, meskipun tidak ada kewajiban. Karena sangat janggal ketika di awal menulis h1, tiba-tiba langsung menulisa h6.

Ketika menulis tag head, otomatis teks dibawahnya menjadi (breakline/baris) baru. Jadi tidak perlu menuliskan tag <br> setelahnya. Perlu diketahui, setiap browser mungkin menampilkan bentuk tulisan, ketebalan, dan ukuran berbeda. Namun, tidak terlalu signifikan.

Format penulisannya dalam contoh file HTML sangat mudah seperti berikut:
<!doctype html>
 <html>
  <head>
   <title>Ini tampilan Tag Heading</title>
  </head>
 <body>
<h1>Ini tag heading dengan h1</h1>
</body>
</html>

Simpan file dengan ekstensi .html dan klik 2 kali untuk melihat hasilnya. Coba juga untuk <h2>, <h3> sampai <h6> untuk melihat perbedaannya.

^Baca juga: Memahami tag <p> untuk membuat paragraf.

No comments:

Post a Comment